WhatsApp Business: Cara Memulai dan Menggunakan WhatsApp Secara Efektif sebagai Bisnis

Casley Valery
Member
Joined: 2021-10-23 12:58:02
2021-10-23 13:02:07

WhatsApp sejauh ini merupakan aplikasi perpesanan lintas platform paling populer di India. Secara global, WhatsApp memiliki 1,5 miliar pengguna aktif bulanan (MAU) dan aplikasi memproses sekitar 60 miliar pesan setiap hari. Ini menjadikannya platform yang bagus bagi siapa saja untuk menawarkan layanan bisnis atau dukungan pelanggan melalui seluler.

Pada bulan Januari tahun ini, WhatsApp memperkenalkan aplikasi yang berfokus pada bisnis di India, hanya beberapa hari setelah peluncuran awalnya. Aplikasi WhatsApp Business saat ini hanya tersedia di Android . Aplikasi ini mirip dengan aplikasi WhatsApp biasa, tetapi hadir dengan sejumlah fitur yang memungkinkan bisnis berkomunikasi secara efektif dengan pelanggan mereka. Mari kita lihat fitur-fitur baru, dan cara memanfaatkan WhatsApp Business.

Cara membuat profil bisnis WhatsApp

Sejauh ini usaha kecil telah menggunakan aplikasi WhatsApp biasa untuk menjalankan bisnis mereka atau menawarkan dukungan pelanggan. Meskipun itu juga bisa berhasil, membuat profil bisnis akan menawarkan lebih banyak kredibilitas untuk percakapan Anda.

  1. Untuk memulai, cukup unduh aplikasi WhatsApp Business dari Google Play Store.

  2. Daftar menggunakan nomor ponsel Anda. Idealnya, Anda harus menggunakan nomor telepon bisnis Anda karena itu akan membuat verifikasi lebih mudah di kemudian hari.

  3. Buat profil Anda dengan memasukkan detail bisnis Anda di Setelan > Setelan Bisnis > Profil . Pastikan Anda memasukkan detail secara akurat seperti nama bisnis, alamat, detail kontak, dll.

 

Menyiapkan WhatsApp untuk Bisnis

Setelah Anda selesai membuat profil bisnis Anda, sekarang saatnya untuk menyiapkan aplikasi. Aplikasi WhatsApp Business menawarkan beberapa alat perpesanan cerdas yang dapat membantu Anda menghemat waktu dan mempermudah segalanya. Anda dapat mengatur pesan salam dan pesan tandang otomatis. Anda juga dapat mengatur balasan cepat untuk pelanggan Anda.

Berikut cara mengatur WhatsApp for Business:

  1. Untuk menyiapkan alat perpesanan ini, cukup buka Pengaturan > Pengaturan Bisnis dan periksa opsi perpesanan yang tersedia di sana.

  2. Anda akan melihat tiga opsi yang tersedia: Pesan pergi , Pesan salam , dan Balasan cepat . Anda dapat mengatur masing-masing tergantung pada kebutuhan Anda.

  3. Anda dapat mengatur pesan pergi otomatis saat Anda tidak dapat membalas pelanggan Anda. Anda juga dapat mengaturnya untuk mengirim pesan pergi setiap saat, pada jadwal yang disesuaikan, atau di luar jam kerja. Pesan ucapan selamat dikirim secara otomatis saat pelanggan mengirim pesan kepada grup whatsapp Anda untuk pertama kali atau setelah 14 hari tidak aktif. Untuk balasan cepat, Anda dapat menyiapkan pesan dasar, memilih pintasan, dan memilih kata kunci (opsional). Ini berguna saat Anda menjawab pertanyaan yang sering diajukan, atau ingin berbasa-basi.

 

Menggunakan WhatsApp Business secara efektif

Sekarang setelah Anda mengatur semuanya di aplikasi, saatnya untuk menggunakannya secara efektif. Anda dapat menggunakan WhatsApp Business dalam beberapa cara. Ini bisa berupa sesuatu yang sederhana seperti menawarkan dukungan kepada pelanggan Anda atau mengirimi mereka pembaruan tepat waktu. Kemungkinannya hampir tidak terbatas.

1. Label untuk percakapan Anda
Salah satu hal terbesar yang perlu Anda pertimbangkan saat menggunakan WhatsApp Business adalah melacak pelanggan Anda. Meskipun Anda harus menambahkannya secara manual ke daftar kontak, Anda juga dapat menetapkan label ke percakapan Anda. Ini sangat membantu saat berinteraksi dengan banyak pengguna.

Anda dapat mengatur label untuk pelanggan Anda dan kemudian melabeli percakapan obrolan Anda menggunakan mereka. Misalnya: Anda mungkin ingin memberi label percakapan sebagai 'pelanggan baru'. Dengan cara ini ketika pelanggan Anda membalas setelah beberapa waktu, Anda masih dapat mengetahui siapa orang ini.

Untuk menambahkan label baru : Ketuk tombol menu pada percakapan obrolan dan ketuk Label Baru . Masukkan teks untuk label baru dan ketuk Simpan .

Untuk menambahkan label ke obrolan : Ketuk tombol menu pada percakapan obrolan, lalu pilih label dan ketuk Simpan .

2. Gunakan WhatsApp Business di Desktop dan Web
Sama seperti akun WhatsApp pribadi Anda, Anda juga dapat menggunakan aplikasi seluler WhatsApp Business dengan varian desktop. Hal ini membuat lebih mudah untuk berinteraksi dengan grup telegram sejumlah besar pelanggan.

Proses penyiapan untuk varian desktop sama dengan aplikasi WhatsApp biasa. Buka Pengaturan > WhatsApp Web dan pindai kode QR yang diberikan.

3. Dukungan satu-satu
Salah satu keuntungan utama menggunakan aplikasi WhatsApp Business adalah dapat menawarkan dukungan satu-satu kepada pelanggan Anda. Jika Anda menjalankan bisnis kecil, Anda ingin tetap menjadi yang teratas dalam pertanyaan pelanggan Anda.

Aplikasi WhatsApp Business juga memungkinkan Anda mengirim foto, video, dan lampiran lainnya ke pelanggan Anda, dan sebaliknya. Ini dapat membantu pelanggan Anda menjelaskan masalah mereka dengan lebih jelas.

4. Mengirimkan pembaruan
WhatsApp Business juga dapat membantu Anda mengirimkan pembaruan tepat waktu terkait bisnis Anda. Baik itu produk baru atau layanan baru yang akan Anda luncurkan, selalu sempurna untuk memberi tahu pelanggan Anda dan calon pelanggan Anda terlebih dahulu.

Anda dapat membuat daftar siaran untuk mengirim pesan ke banyak orang sekaligus. Ini dapat membantu Anda menghemat waktu jika Anda memiliki basis pelanggan yang besar, meskipun daftar siaran saat ini dibatasi hingga 256 kontak.

 

sumber : gimana.net